Minggu, 13 Agustus 2017

Cara Paling Ampuh Merawat Ayam Bangkok

Cara Paling Ampuh Merawat Ayam Bangkok - Tidak seperti ayam biasa, ayam bangkok aduan perlu dirawat secara khusus setiap harinya. Perawatan ini bertujuan agar ayam bangkok kesayangan kita selalu ada dalam kondisi prima dan terbebas dari serangan penyakit dan hama. Adapun agar kondisi prima pada ayam tetap terjaga, beberapa perawatan sehari-hari seperti mandi, penjemuran, latihan, istirahat, serta pemberian pakan dan suplemen perlu diberikan sehari-harinya. Pada artikel kali ini kita akan memberi sedikit informasi tentang Cara Paling Ampuh Merawat Ayam Bangkok, berikut informasinya.
Ayam Bangkok

Mandi

Cara merawat ayam bangkok kesayangan yang paling utama adalah ia harus dimandikan setiap harinya. Mandi dilakukan pada pukul 6.00 – 7.00 pagi menggunakan air bersih. Memandikan ayam penting dilakukan untuk menjaga kesegaran dan kesehatannya. Bagi Anda yang masih pemula, belajarlah pada para botoh di kampung Anda tentang bagaimana cara memandikan ayam bangkok yang benar.

Latihan Leher

Latihan yang pertama adalah senam leher.

Cara Melatih Ayam Bangkok
Cara Merawat Ayam Bangkok
Cara Merawat Anak Ayam Bangkok
Ciri Ayam Bangkok Betina yang Baik untuk Indukan

Seperti kita ketahui bahwa otot-otot di leher adalah bagian tubuh yang sangat menunjang pergerakan kepala ayam ketika ia membidik lawan atau menghindari serangan ke arah kepala saat di medan laga. Otot leher yang luwes akan sangat bermanfaat dalam memenangkan babak demi babak pertarungannya. Oleh karena itu, untuk cara melatih ayam bangkok yang pertama kami anjurkan adalah dengan melatih otot-otot lehernya ini.

Teknik melatih otot leher terbilang sangat sederhana. Setiap pagi, putar leher ayam menggunakan tangan ke arah kanan kiri masing-masing 30 kali secara perlahan, sekira 1 detik tiap gerakan.

Lari

Ayam bangkok aduan juga sesekali butuh berinteraksi dengan ayam-ayam lainnya. Oleh karena itu, setiap 3 kali dalam seminggu berikan ia ayam babon atau ayam untulan untuk dikejar. Biarkan ia tetap menjalani kodratnya sebagai ayam bangkok. Jangan terlalu dikekang dalam kandang saja.

Latihan Kaki

Senam kaki atau biasa orang menyebutnya push up ayam merupakan teknik cara melatih ayam bangkok yang sudah umum di kalangan pecinta ayam aduan. Teknik latihan ini memang sangat menunjang kemampuan ayam dalam bertarung. Otot kaki dan lututnya akan terbiasa bergerak sehingga tak akan kaku saat menghadapi lawannya.

Untuk menerapkan teknik latihan ini, Anda hanya cukup menekan punggung ayam ke bawah dan ke depan sebanyak 30 kali setiap harinya. Tapi ingat, lakukan teknik ini secara rutin, karena jika tidak, hasilnya pasti akan tidak maksimal.

Umbar

Setelah ayam dimandikan, letakan ia di dalam kandang umbaran untuk mengeringkan tubuhnya. Jangan meletakan ia di dalam kurungan karena akan membuatnya tidak bebas mengepakan sayap-sayapnya yang basah. Biarkan ayam berada dalam kandang umbaran hingga sore sehingga ia bebas bermain ke sana kemari.

Latihan Abar

Selain melakukan latihan fisik, Anda juga perlu melatih mental ayam bangkok kesayangan Anda. Tentu akan percuma bukan jika jago bangkok Anda memiliki fisik yang kuat tapi punya mental kelas kacang. Oleh karena itu, cobalah untuk mengabar atau menggebrak ayam bangkok Anda dengan ayam bangkok milik teman. Latihan abar tidak perlu lama. Cukup satu atau dua air saja. Dan jika sudah punya jalu, baiknya jalu tersebut di plester agar aman.

Suplemen

Selain perlu pakan dan minum cukup, agar tetap sehat, ayam aduan juga membutuhkan suplemen tambahan. Berikan ia multivitamin B kompleks setiap 2 hari sekali. Selain itu, gula merah dan tomat juga bisa ditambahkan sebagai suplemen alami penunjang kekebalan tubuhnya.

Nah, itulah beberapa teknik cara melatih ayam bangkok yang bisa Anda terapkan pada ayam bangkok aduan Anda. Latihan yang dilakukan secara rutin pasti akan bermanfaat bagi peningkatan kemampuannya dalam bertarung. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar