Senin, 04 September 2017

Cara Mengawinkan Ayam Bangkok

Cara Mengawinkan Ayam Bangkok - Cara mengawinkan ayam bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, bahkan bagi para pemula pun sangat mudah sekali. Tetapi walaupun mudah kita perlu memperhatikan beberapa hal agar proses perkawinan pada ayam menjadi lancar dan telur yang dihasilkan berkualitas untuk anakan berikutnya, ini poinnya.

Selain itu juga ada beberapa cara baik itu cara ilmiah dan cara kepercayaan atau yang belum terbukti 100% agar hasil anakan pada ayam dominan jantan. Maaf saya katakan kepercayaan karena keberhasilannya masih belum pasti, jadi ada yang percaya ada yang tidak silahkan dicoba saja.

Kalau soal mengawinkan si mudah tetapi di sini Saya ingin coba untuk membagi cara agar hasil anakan lebih berkualitas dan dominan jantan oke mari kita bahas.

Cara Mengawinkan Ayam Bangkok
Ayam Bangkok
Ayam Bangkok

Sebelum mengawinkan ayam bangkok tentu kita harus memilih indukan yang berkualitas induk jantan atau biasa disebut dengan pemacak dan juga induk betina atau biasa disebut dengan babon. Pilih induk jantan dan betina yang sudah siap kawin untuk betina usianya sekitar 7 sampai 8 bulan untuk jantan usianya sekitar 1 tahunan.

Cara mengawinkan ayam bangkok ada beberapa cara yang pertama yaitu dengan kawin tempel atau dengan mengumbar jantan dan betina secara bersamaan. Kawin tempel pada ayam bangkok tergantung pada jantannya apakah mau atau tidak. Jika jantannya termasuk jago tempel maka bisa dikawinkan dengan cara tersebut. Kawin tempel yaitu dengan mendudukan ayam betina di depan ayam jantan lalu sang jantan akan mengawininya.

Jika mengumbar bersamaan maka sebelumnya biarkan ditempatkan dalam kandang terpisah agar seling melihat terlebih dahulu, setelah beberapa jam bisa disatukan dalam kandang umbaran. Biasanya kalo sudah kenal dan siap mereka akan kawin.
mengawinkan-ayam-bangkok

Agar Anakan Ayam Berkualitas

Berikutnya yaitu bagaimana agar anak ayam yang dihasilkan berkualitas. Anak ayam yang berkualitas dan sehat berasal dari telur yang berkualitas pula. Telur yang sehat dihasilkan dari ayam yang sehat. Jadi caranya yaitu dengan merawat ayam kita dengan baik dan benar. Ada beberapa cara untuk membuat ayam kita menjadi subur sehingga telur yang dihasilkan bagus.

Yang pertama itu berikan vitamin E, saya biasanya memberikan natur-e pada indukan jantan dan betina, Berikan grit berupa cangkang telur atau pecahan kerang (baca : cara membuat grit), serta pemberian obat cacing yang teratur 3 sd 6 bulan sekali. Jika rutin melakukan ini maka insya Allah telur yang dihasilkan biasanya bagus tidak ada kerak halus.

Vitamin E berfungsi untuk meningkatkan fertilitas atau kesuburan pada ayam. Berikan dua kali seminggu, untuk dosisnya teman-teman bisa bereksperimen sendiri tetapi jangan sampai berlebihan. Grit atau pecahan kerang disini berfungsi untuk pertumbuhan kalsium pada telur, angkang telur yang terbentuk akan menjadi halus dan bagus. Obat cacing disini untuk kesehatan pada ayam biasanya ayam yang tidak cacingan telurnya cenderung bagus.

Agar Anak Ayam Dominan Jantan

Selanjutnya yaitu Bagaimana caranya agar anak ayam yang dihasilkan dominan jantan. Ada beberapa cara yang saya tahu ya, yang pertama yaitu dengan menjaga suhu pengeraman pada telur ayam. Jika suhu yang melingkupi telur sekitar 39 sampai 40 derajat Celcius kemungkinan besar akan menetaskan anakan jantan tetapi jika suhu sekitar 36 derajat sampai 38 derajat celcius kemungkinan besar yang menetas betina. Agar suhu penetasan tetap tentunya kita harus menggunakan alat tetas agar bisa mengontrol suhu pengeraman pada telur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar